PSDKU UNPATTI Melakukan Pelatihan Penulisan Laporan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

PSDKU News: PSDKU UNPATTI

PSDKU News. PSDKU UNPATTI Sening 16 Agustus 2021 Melakukan Pelatihan Penulisan proposal dan Pelaporan Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

PSDKU UNPATTI melaksanakan pelatihan Penulisan proposal dan Pelaporan hasil Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kepada seluruh staf dosen yang berada di lingkungan PSDKU baik itu PSDKU yang berada di kampus Maluku Barat Daya maupun kampus di Kepulauan Aru.

Pelatihan ini  terselenggara berdasarkan program tahunan PSDKU UNPATTI dengan tujuan agar  semua dosen di lingkungan PSDKU memiliki pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan penuliasan proposal dan laposatn hasil penelitian serta pengabdian kepada masyarakat berdasarkan roadmap penelitian dan PkM  masing-masing.

Pelatihan tersebut  diselengarakan secara online (during), mengigat dunia dan bangsa kita masih dalam masa pandemi  virus COVID-19, sehingga PSDKU UNPATTI secara khusus dan secara umum UNPATTI melarang seluruh kegitan ofline (tatap muka).

Pelatihan tersebut fasilitasi oleh beberapa fasilitator, di antranya Ketua PSDKU UNPATTI (Prof. Dr. Aholiab Watloly, S.PAK., M.Hum) yang memberi arahan pengantar sekaligus menyampaikan materi tentang kebijakan mutu PSDKU UNPATTI dalam penelitian dan PkM di lingkungan PSDKU, roadmap penelitian dan PkM PSDKU serta pedoman pelaksanaan penelitian dan PkM PSDKU UNPATTI. Fasilititor kedua yaitu Ketua  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaratak UNPATTI (Prof. Dr. Dominggus, S.Pt., M,Sc) tentang mekanisme dan cara penulisan Proposal, pelaporan hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai kebijakan mutu LPPM UNPATTI dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan Dr. Th. W. Watuguly., M.Kes, AIFO  tentang teknis menyusun naskah publikasi hasil penelitian dan PkM.

Materi pertama yang dibawakan oleh Prof. Dr. Dominggus, S.Pt., M,Sc menjelaskan bagaimana peranan penelitian bagi dosen serta apa saja kaidah-kaidah dalam penulisan proposal baik secara nasional maupun dalam internal UNPATTI.

Materi kedua yang dibawakan oleh Prof. Dr. Aholiab Watloly, S.PAK., M.Hum menjelaskan tentang roap mab penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan panalitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga seluruh dosen yang melakukan penulisan proposal penelitian dan pengabdian dapat sesuai dengan standar nasional…

Materi ketiga dibawakan oleh Dr. Th. W. Watuguly., M.Kes, AIFO menjelaskan tentang sistematika penulisan jurnal, mengidentifikan jurnal yang baik atau predator dan menjelaskan tentang apa saja yang perlu diketahui sebelum menerbitkan artikel pada jurnal tertentu…

Pelatihan penulisan dan pelaporan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat memahami visi dan misi PSDKU serta Roadmap penelitian dan PkM sehingga dapat mengarahkan penelitian dan PkM guna dapat menemukan hal-hal baru sesuai konteks keberadaan PSDKU UNPATTI di Pulau-pulau kecil perbatasan negara dengan berbagai permasalahannya yang kompleks dan rumit. Sedemikian sehingga hasil penelitian maupun PkM tersebut dapat dikembangkan dalam berbagai produk, seperti jurnal dan buku serta dapat diintegrasikan dalam pengembangan kurikulum atau  bahan ajar masing-masing Program Studi dalam mewujudkan ciri pencapaian visi dan misi PSDKU UNPATTI.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan semua dosen memiiki kompetensi dalam mengakses berbagai dana penelitian, baik yang disediakan melalui Hiba Pemerintah kabupaten, skim penelitian yang ditawarkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun berbagai lembaga nasional maupun internasional. Melalui itu,  dosen PSDKU dapat menunjukkan peran dalam pengembangan dunia keilmuan, teknologi serta peningkatan kesejahtaraan keluaraga dosen dan masyarakat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.