PKM PSDKU Mengabdi di Desa Jerol (Aru Selatan), 2-4 November 2022 dengan tema “MANGGUREBE BANGUN DESA”

Segenap staff dan jajaran PSDKU Aru mengadakan PKM PSDKU Mengabdi di
Jerol (Aru Selatan), diselenggarakan pada tanggal 2-4 November 2022 dengan tema “MANGGUREBE BANGUN DESA”

 

Program yang bertajuk “MANGGUREBE BANGUN DESA” ini dilaksanakan di desa Jerol, Aru Selatan. Pada hari Rabu, 2 November 2022 rombongan yang diketuai oleh Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK., M.Hum (Ketua PSDKU Universitas Pattimura) & Dr. Th. Watuguly, M.Kes, AIFO (Koordinator PSDKU di Kabupaten Kepulauan Aru) tiba di Desa Jerol dan memulai acara pembukaan/ramah tamah dengan Kepala Desa & perangkat Desa dan penyampaian materi bertajuk “Kedudukan masyarakat adat pulau- pulau kecil di perbatasan dengan laut kepulauannya dalam rangka membangun keutuhan dan pertahanan keamanan Indonesia sebagai negara kepulauan”.

Pada tanggal 3 November 2022, rombongan dari Program Studi Keguruan mengadakan kegiatan kunjungan ke lembaga pendidikan, adapun Program Studi Hukum dan Akuntansi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan kegiatan English for Fun di SMP 3 Jerol. Kemudian Program Studi PGSD mengadakan kegiatan “Penguatan kapasitas guru pada implementasi Kurikulum Merdeka” dan “Kegiatan literasi dan numerasi melalui
Buku Cerita Digital Bergambar” di SD INPRES dan SD Kristen Jerol. Lalu Program Studi Matematika SD mengadakan kegiatan “Pemanfaatan kearifan lokal dalam mempelajari matematika/ etnomatematika” di SD INPRES Jerol. Dilain pihak Program Studi Penjas mengadakan tiga kegiatan sekaligus di SMAN 2 Jerol dengan judul “Gizi olahraga di daerah kepulauan , Penerapan olahraga tradisional bagi siswa di dearah kepulauan, dan Simulasi perlengkapan olahraga selam.”

Di Balai Desa Jerol, Program Studi Hukum memberi penyuluhan dengan judul “Penyusunan peraturan desa di wilayah pulau-pulau kecil perbatasan dan Alternatif penyelesaian perkara pidana di luar persidangan (restorative justice) . Sementara Program Studi Akuntansi mengadakan penyuluhan berjudul Pemetaan pengembangan BUMDES di desa Jerol & Literasi keuangan digital dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat .

Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK., M.Hum sebagai Ketua PSDKU Universitas Pattimura dan Dr. Th. Watuguly, M.Kes, AIFO sebagai Koordinator PSDKU di Kabupaten Kepulauan Aru, di tempat dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu tugas dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi disamping Mengajar dan Meneliti, keduanya berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dalam edukasi serta melaksanakan kegiatan restorasi justice dan manajemen usaha dengan baik.

Kegiatan PKM ini dirangkai pula dengan kegiatan Outbound yang bertujuan meningkatkan kerjasama, memupuk kebersamaan, membangkitkan komitmen bersama dan satu Visi di dalam bekerja. Seluruh kegiatan PKM ini ditutup dengan jamuan makan malam dari Desa Jerol serta tokoh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *