PSDKU UNPATTI Melaksanakan Kuliah Umum

News PSDKU. PSDKU UNPATTI pada hari Rabu tanggal 1 september 2021 melaksanakan kuliah umum dengan pemateri  Benyamin Thomas Noach, ST (Bupati Maluku Barat Daya), Dr. Febry C, Tetelepta (Deputi I Kantor Staf Kepresidenan) dan Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK., M.Hum (Ketua PSDKU)….
Rabu 01 September 2021 PSDKU UNPATTI melaksanakan kuliah umum dengan tema Kebijakan Presiden Joko Widodo dalam Menyelesaikan Persoalan Kemiskinan dan Ketertinggalan di Daerah Pulau-Pulau Kecil Perbatasan.

Pelaksanaan kuliah umum yang berlangsung pada hari Rabu, tanggal 1 September 2021 berlangsung dengan lancar dan di hadiri oleh peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa di lingkungan PSDKU, baik itu PSDKU kampus Maluku Barat Daya dan kampus Kepulauan Aru.

Proses pelaksanaan kuliah umum tersebut dilakukan dengan dua metode yaitu kuliah umum secara langsung (Ofline) dan secara during (online) dengan mengunakan aplikasi zoom.  Kedua metode dilakukan bertujuan agar seluruh peserta dikalangan PSDKU dapat mengikuti proses kuliah umum, dimana karena PSDKU UNPATTI terdapat dua lokasi yang berbeda jarak begitu jauh sehingga dirasa dengan melakukan proses kuliah umum melalui dua metode tentunya lebih baik agar seluruh peserta dapat mengikuti proses kuliah umum…

Proses kuliah umum dilakukan secara langsung (Ofline) di PSDKU kampus Maluku Barat Daya dengan di hadiri oleh mahasiswa dan dosen dengan syarat memerhatikan protokol kesehatan, sedangkan pada PSDKU kampus Kepulauan Aru seluruh peserta mengikuti proses kuliah umum dengan menggunakan aplikasi zoom (Online).

Kuliah umum yang diselenggarakan oleh PSDKU dihadiri oleh Benyamin Thomas Noach, ST (Bupati Maluku Barat Daya), Dr. Febry C, Tetelepta (Deputi I Kantor Staf Kepresidenan) dan Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK., M.Hum (Ketua PSDKU). Serta para dosen dan mahasiswa PSDKU baik secara ofline maupun secara online.

Dalam kesempatan kuliah umum tersebut bapak Benyamin Thomas Noach, ST dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintahan Maluku Barat Daya memberikan sambuatan sangat luar biasa kepada PSDKU karena telah bersedia mendidik dan memberikan peluang begitu besar kepada segenap masyarakat Maluku Barat Daya untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan terjangkau sehingga masyarakat tidak lagi menyekolahkan anak-anak mereka jauh-jauh ke Ambon yang begitu jauh.

Selanjutnya pada kesempatan kedua Prof. Dr. A. Whatloly, S.PAK., M.Hum memberikan materinya dengan tema Maluku Barat Daya Berkarakter PPKP dalam Peta Goeteritori dan Geopolitik NKRI. Materi yang dibawakan olah Prof. Whatloly menjelaskan bagaimana konsep Kepulauan, pulau, ciri-ciri masyarakat kepulauan, ciri-ciri masyarakat pulau, Peran masyarakat pulau serta bagaimana cara meningkatkan taraf hidup kearah yang lebih baik terkhusus masyarakat pulau-pulau perbatan Indonesia seperti di kabupaten Maluku Barat Daya.

Selanjutnya pada kesempatan ketiga yang dibawakan oleh Dr. Febry C, Tetelepta memberikan materi dengan tema Kebijakan Strategis Nasional Bagi Pembangunan Sumber Daya Manusia di Timur Indonesia. Dalam kesempatan ini Dr. Febry C, Tetelepta menjelaskan bahwa posisi strategisnya Kabupaten Maluku Barat Daya dalam pengembangan dan pembangunan bangsa karena di sekitaran wilayah Maluku Barat Daya terdapat banyak potensi miyak alam yang begitu menjanjikan (Blok Masela) sehingga itu masyarakat Maluku Barat Daya harus betul-betul menyambut dengan baik peluan tersebut dengan menyiapkan Sumberdaya Alam (SDA) dan Sumberdaya Manusia (SDM) sesuai dengan kebutuhan, agar kelak jika Blok Masela telah di berjalan maka seluruh masyarakat dapat menikmati kekayaan alamnya sendiri…

Sumber. PSDKU UNPATTI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.