Festival Olahraga Tradisional & Presetasi

 

Olahraga prestasi merupakan sebuah aktivitas Olahraga yang membina dan mengembangkan Olahragawan secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi Keolahragaan. Namun aura dari olahraga prestasi terpaksa harus berbenturan dengan adanya bencana global yang melanda dunia diakhir 2019 yaitu “pandemic covid-19”. Seluruh sendi-sendi kehidupan menjadi terpuruk, hingga berdampak pada pembinaan olahraga prestasi pada umumnya. Hal ini terbukti dengan di batasinya ruang gerak atlet dari berbagai cabang olahraga. Namun melalui berbagai upaya yang dilakukan, maka dunia pun mulai keluar dari situasi ini, bahkan event akbar olahraga prestasipun telah dilaksanakan baik di Indonesia maupun sampai pada regional bahkan internasional.

Tri Dharma dalam system penyelenggaraan tugas dan fungsi pada suatu universitas, merupakan tugas utama yang harus dilaksanakan oleh setiap unsur civitas akademika, terlebih khusus oleh para dosen dan juga mahasiswa. Tri dharma sendiri merupakan 3 (tiga) bentuk kewajiban yang harus dilaksanakan, yang terdiri dari; (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian, dam (3) Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, ketiga unsur tersebut mestilah berjalan secara seimbang, sehingga tidak memiliki nilai dan kualitas berbeda diantara ketiganya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian diarahkan sesuai keilmuan dari setiap program studi. Jelas bahwa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (Penjaskesrek) memiliki keunikan yang berbeda dengan program studi lainnya. Melalui proses perkuliahan pada matakuliah serta muatannya yang diampuh oleh para dosen pada mata kuliah yang ada pada program studi, berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh dosen maupun yang telah dikuasai mahasiswa. diharapkan mampu dimplementasikan bagi masyarakat banyak, guna membantu dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh masyarakat. Demikian pula pada matakuliah “Keterampilan Dasar bolavoli” dan “Pembelajaran bolavoli” yang pada saat ini dapat diabdikan kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru, yang berpusat di Pulau-Pulau Aru dobo, melalui edukasi peraturan dan permainan baik bolavoli outdoor (yang baru saja berakhir di lapangan bolavoli koramil), dan pada hari ini dilanjutkan dengan pertandingan bolavoli pantai dihari ini.

Proses PKM Dosen Mandiri yang dilaksanakan oleh Dosen Penjaskesrek FKIP Unpatti bekerjasama dengan PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dalam hal kolaborari dengan Dosen Prodi Penjas PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru dalam hal kerja lapangan voli pantai, penyiapan administrasi tanding-lomba, penggunaan sarana PSDKU (penggunaan ruanggan Aula untuk meathing, tenda dan kursi, bangku wasit voli, wairles dan ruangan kelas penjas untuk tempat tinggal mahasiswa dan dosen selama kegiatan), petugas kesehatan serta pimpinan PSDKU Aru untuk membuka kegiatan voli pantai. Proses ini menunjukkan suatu interaksi kolaborasi Tridarma Perguruan Tinggi antara PSDKU Aru, Prodi Penjas PSDKU Arudengan dosen prodi Penjaskesrek FKIP Unpatti sehingga kegiatan PKM ini berjalan dengan baik.

Harapan ke depan kegiatan seperti ini tidak hanya pada pengabdian tetapi di bidang penelitian pun dapat terjalin kolaborasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *