Pelaksanaan PkM oleh Prodi Peternakan

Program studi Peternakan melaksanakan PkM di Desa Moai Kecamatan Moa kabupaten Maluku Barat Daya

 

 

Program Studi Peternakan pada tanggal 16 Juli 2022 melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).  Pelaksanaan PkM dilakukan dengan tema Pemberdayaan Masyarakat di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Kabupaten Maluku Barat Daya (Desa Moain) Melalui Pelatihan Pembuatan Nugget  Ayam Fortifikasi Daun Kelor Sebagai Bahan Makanan Tinggi Protein.                                                                                                                                          

Pelaksanaan PkM ini merupakan tugas pokok dari perguruan tinggi (tridarma), dimana dengan terlaksananya PkM diharapkan dapat menjadi wadah untuk lebih memperkenalkan PSDKU terkhusus Program Studi Peternakan di masyarakat  Maluku Barat Daya secara umum.                                                                                                                              Selama Proses PkM terbilang berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti, hal ini ditandai dengan hadirnya para perangkat desa (Kades, Sekdes dan Aparat Desa Lainnya). Program pelatihan pembuatan nugget ayam fortifikasi daun kelor dihadiri oleh pesertanya yaitu ibu-ibu PKK desa Moai. Para peserta pelatihan selama kegiatan berjalan terbilang sangat antusias yang dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang peserta ajukan. jumlah peserta PkM berjumlah 20-25 orang yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan para aparat desa yang sempat hadir. Bagi masyarakat desa Moai kesempatan ini merupakan hal sangat berharga bagi mereka karena mereka merasa bahwa pemerintah (PSDKU UNPATTI) telah bersedia memberikan dan atau mau berbagi ilmu kepada mereka, dan mereka berharap kegiatan yang serupa dapat berjalan lagi di tahun-tahun selanjutnya.

Setelah berdiskusi dengan PLT (pak Hans Udiata) mengatakan bahwa kami terkhususnya perangkat desa dan seluruh masyarakat desa Moain sangat mengapresiasi kegiatan PkM ini. Karena dengan adanya kegiatan PkM ini dapat memberikan ilmu serta pandangan kepada kami khususnya masyarakat Desa Moain terkait dengan pemanfaatan bahan pangan lokal yang selama ini masih belum begitu banyak dimanfaatkan. Padahal tanaman (pohon kelor) ini sangat banyak tumbuh di sekitar Tempat tinggal/Dusun kami maupun banyak yang tumbuh di kebun atau tempat yg agak sedikit jauh dari desa kami.
Selanjutnya disampaikam pula oleh bapak Sarles Sarupy (Ketua BPD) desa Moain bahwa dengan adanya kegiatan PkM ini artinya adanya kerja sama yang baik antara kampus dan masyarakat yang dimana membuka wawasan kami terhadap pentingnya pemanfaatan tanama lokal yang banyak terdapat di Desa Moain Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya..

Sumber: Program Studi Peternakan 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *